Berharj raya sesuai sunnah

SAATNYA KITA BERHARI RAYA SESUAI SUNNAH

Ditulis oleh ;
Ust Abu Islama
Akhirnya kusematkan bunga indah di akhir Romadhan ini.. 💐 , semoga amal ibadah kita diterima Allah jalla wa 'ala..maghfirahNya dapat kita raih dan Surga dapat kita memasukinya, amiin.
Romadhan berakhir dan idul fithri menyapa...sedih Romadhan meninggalkan kita itu bisa terasakan dalam jiwa kita..tapi Sunnatullaah datang menghampiri kita untuk berbahagia yang kebahagiaannya dinilai ibadah kita di sisi Allah ta'ala..bahkan jangan biarkan ada di atas muka bumi ini ada seorang muslim yang miskin bersedih karena tidak mendapati hak nya untuk berbahagia..makan bersama keluarga dan sanak saudara...itulah manfaat zakat fithri.
Saudaraku...
Kita ingin pahala puasa romadhan kita tidak pupus bersama waktu..kita ingin ada dalam catatan kebaikan kita..karena inilah yg selalu kita panjatkan.." wa tsabatal ajru in syaa Allah" dan pahala telah tetap in syaa Allah. Tapi sering tidak disadari..kita sendirilah yg menghapuskan pahala tersebut dengan berhari raya idul fithri yg melanggar Sunnah Rosulullaah..untuk itulah kita jelaskan sedikit tentang berHARI RAYA IDUL FITHRI.
Saudaraku...
Saat berbuka puasa terakhir kali di hari ke 29 atau le 30 bulan Romadhan, maka berhari raya.
🌷 Sunnah Di Hari Raya Idul Fithri :
Apa yg disunnahkan saat idul fithri ?
1. Mandi sebagaimana mandi janabah. (HR. Al Baihaqi, dari Ali bin Abi Thalib).
2. Menggunakan pakaian yang Indah, bagus dan bersih. (HR.at Thabrani dari Ibnu Abbas).
3. Makan dulu sebelum pergi sholat Idul fithri (HR. Bukhori dan Tirmidzi dari Anas bin Malik).
4. Mengambil 2 jalan saat pergi dan pulang sholat idul fithri.(HR. Bukhori).
5. Perbanyak Takbir, yaitu dimulai pagi hari menjelang pergi ke lapangan utk sholat Ied dan berakhir takbir setwlah selesai shoalt ied
(QS. Al Baqoroh: 185 dan HR. Al Baihaqi dari Ibnu Umar).
🌷 Hukum Sholat Idul Fithri :
Adapun sholat iedul fithri hukumnya wajib bagi muslim atau muslimah, karena Rosulullah tidak pernah absen untuk sholat ied. Juga berdasarkan anjuran kpd wanita2 yg sedang haid dan wanita pingitan yg harus selalu dijaga agar mereka hadir ke tanah lapang untuk mendengarkan khutbah idul fithri (Muttafaq 'alaih).
🌷 Sifat Bertakbiran di Hari Raya Idul Fithri :
Yang dimaksud dengan Takbir adalah ucapan Allahu Akbar. Tp yang lebih dikenal dengan Tahlil dan Takbir di hari raya adalah ucapan kalimat :
ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻭﻟﻠﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ
Dimulai pagi menjelang sholat idul fithri dan berakhirnya dengan berakhir pula sholat ied.
🌷 Sholat Idul Fithri :
Untuk sholat idul fithri bertempat di lapangan bukan di masjid. Tanpa didahului qobliyah dan tanpa diakhiri dengan ba'diyah. Tanpa adzan dan iqomah. Sholat ini 2 rokaat dan pada rokaat pertama setelah takbiratul ihrom ditambah dengan 7 takbir dan pendapat jumhur dengan mengangkat kedua tangan antara satu takbir dengan takbir lainnya. Lalu baca alfatihah dilanjutkan dengan surat al A'la atau Qoof. Lalu ruku,sujud seperti biasa terus rokaat kedua dengan takbir intiqol, ditambah dengan 5 takbir lagi lalu alfatihah dan baca surat al Ghasyiyah atau iqtarobat. Setelah sholat, imam lgsg bangkit utk KHUTBAH IDUL FITHRI. Khutbah dilakukan sekali saja setelah sholat usai. Dengan selesai khutbah, maka sholat idul fithri selesai. Wallaahu a'lam

0 comments:

Post a Comment