Kajian dengan tema judul film ' lagu dsb

*Diantara Faidah Yang Didapat Ketika Daurah di kota Batu, Pada Sesi Tanya Jawab Bersama Syaikh Prof. Dr. Sulaiman Ar Ruhailiy _hafizhahullaah_ Hari Rabu, 16 Syawal 1437 H.*
,
🔘 Sebagian da'i kita menggunakan metode dakwah dengan *memakai judul kajian yang disadur dari judul film atau judul nyanyian demi membuat daya tarik masyarakat awam,* lalu bagaimana nasihat Syaikh dalam hal ini?
,
📝 Poin-poin yg dapat kami tangkap dari Nasihat beliau adalah:
,
➡ Seorang Da'i hendaklah *berwibawa dalam berdakwah.*
,
➡ Kewibawaan tersebut adalah *dengan menyampaikan hujjah dari AlQuran dan Sunnah*.
,
➡ Kewibawaan itu adalah *dengan komitmen pada lafadz-lafazh Syar'i dan berusaha menggunakan gaya bahasa yg fasih nan indah.*
,
➡ Maka, *tidak selaknya seorang Da'i menggunakan kata-kata yg menurunkan wibawa dakwah*, diantaranya *membuat orang tertawa dengan kata-kata yg menyelisihi syar'i*, seperti; dengan mengejek/merendahkan seseorang, istihza' (mempermainkan) syari'at, dsb.
,
➡ Adapun menggunakan judul kajian dengan menyadur dari judul film atau judul lagu agar menarik hati masyarakat awam, agar terkesan gaya, dan agar dianggap ikut kemajuan zaman, maka ini justru *merupakan kejatuhan/keruntuhan (wibawa) dakwah!*
,
==============================
,
✍🏻Oleh: Muhammad Hilman Alfiqhy
🏞 Kota Batu, Malang, Jum'at 17 Syawal 1437 H.
,
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
,
🔵 Allah Ta'ala berfirman:
,
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺤْﺰُﻧْﻚَ ﻗَﻮْﻟُﻬُﻢْ ۘ ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓَ ﻟِﻠَّﻪِ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ۚ ﻫُﻮَ ﺍﻟﺴَّﻤِﻴﻊُ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴﻢُ
,
" *Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka*. Sesungguhnya *kemuliaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah.* Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Yunus : 65).
,
🔸 Sahabat Rasul yg Mulia, Umar bin Khattab _radhiallahu ' anhu_ bertutur:
,
ﺇﻧﺎ ﻛﻨﺎ ﺃﺫﻝ ﻗﻮﻡ ﻓﺄﻋﺰﻧﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺎﻹﺳﻼﻡ ﻓﻤﻬﻤﺎ ﻧﻄﻠﺐ ﺍﻟﻌﺰ ﺑﻐﻴﺮ ﻣﺎ ﺃﻋﺰﻧﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﺃﺫﻟﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪ . ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ، ﺗﻌﻠﻴﻖ ﺍﻟﺬﻫﺒﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻠﺨﻴﺺ : ﻋﻠﻰ ﺷﺮﻃﻬﻤﺎ )
,
“Sesungguhnya dahulu kita adalah kaum yang paling hina, lalu Allah *memuliakan kita dengan sebab agama Islam*, maka *setiap kali kita mencari kemuliaan dengan selain agama Islam*, niscaya *Allah akan menimpakan kehinaan kepada kita*.”
(HR. Al Hakim, Imam Adz Dzahabiy dalam At Talkhiis mengomentari bhw sanadnya sesuai syarat Bukhari dan Muslim.)
,
----------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment